Mechanical Keyboards Low-Budget Buat Para Gamers dan Kualitas Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, tidak hanya komputer bagian processor ataupun graphic card saja yang mengalami perubahan. Hardware komputer lainnya juga mengalami perubahan seperti mouse dan keyboard yang awalnya digunakan sebagai pelengkap saja, kali ini menjadi hal yang tidak ingin dikesampingkan.

Munculnya teknologi – teknologi terbaru akan mouse dengan sensor terbaik dan tercepat serta keyboard yang modern dengan berbagai fitur dalam hal kenyamanan dalam mengetik. Keyboard modern ini disebut dengan mechanical keyboard, berbeda dengan keyboard – keyboard sebelumnya yang menggunakan rubber sebagai bahan pada keycapsnya. Untuk lebih lanjut apa itu mechanical keyboard, akan kita bahas di artikel lainnya ya teman-teman.

Kali ini crew DigitalGame akan memberikan beberapa referensi mechanical keyboard low-budget yang harganya kira-kira dibawah satu juta. Untuk para gamers mungkin bisa memilih beberapa keyboard dibawah ini yang akan kami sarankan, tapi alangkah baiknya jika kalian membeli secara offline pada toko-toko komputer disekitar kalian agar sensasi “menekan” tombol-tombol dari keyboard yang akan dibeli sesuai dengan harapan kalian.

Berikut langsung saja dimulai reeferensi mechanical keyboard dari kita, mulai dari urutan 5 ya :

5. Digital Alliance K1 TKL

Saat pertama kali ditanya mechanical keyboard low-budget apa dan berkualitas, maka yang terlintas dipikiran yaitu DA K1 mecha TKL ini. Selain murah keyboard ini juga keluaran dari brand yang cukup terkenal yaitu Digital Alliance. Keyboard ini terdapat dua jenis switch yaitu red switch dan blue switch. Seperti yang disebutkan, keyboard ini versi TKL (Ten Key Less) atau keyboard dengan 87 keys tanpa adanya numberpad. Keyboard ini juga sudah dilengkapi dengan RGB yang membuat tampilannya semakin ciamik deh. Harga dari keyboard ini cukup murah yaitu 500rb-an, sehingga pas untuk para gamers yang menginginkan keyboard mechanical dan tentu dilengkapi dengan RGB.

Jika punya biaya lebih kalian bisa membeli kakak dari keyboard ini dengan versi yang full yaitu DA Mecha Z Premium. Dengan menambah sekitar 300rb kalian bisa mendapatkan “kakak” dari DA K1 ini. Tentu dengan fitur RGB yang dapat diatur serta full keyboard (+numpad).

4. Sades Karambit TKL Rainbow

Masih dengan mechanical keyboard  low-budget versi TKL, kali ini crew kami menyarankan keyboard mechanical dari Sades yaitu Sades Karambit. Untuk harganya keyboard ini sebesar 500rb-an. Keyboard ini hanya tersedia blue switch (jika ingin menggunakan red switch harus menambah biaya kurang lebih 200rb-an) saja dengan menggunakan switch jenis kaihl yang katanya sudah hampir mirip-mirip dengan cherry mx yang harganya bisa 1juta lebih. Selain itu fitur-fitur seperti antighosting, antislip dll sama seperti keyboard-keyboard mechanical lainnya dan juga bisa dilihat dibawah kiri terdapatsebuah plat untuk menyandar pergelangan tangan. Untuk RGBnya sendiri bisa diatur 4 macam dengan 4 kecepatan speed yang berbeda. Harga 500rb-an dengan fitur dan switch kaihl sih sudah worth it untuk dibeli, tapi kembali lagi bagaimana kenyaman jari-jari kalian menekan tombol keyboard tersebut.

3. E-Blue K727 Darksilve Mechanical

Selanjutnya adalah mechanical keyboard dari E-Blue dengan versi K727 ini. Secara tampilan keyboard ini mirip dengan DA K1. Dari segi panjang dan berat juga tidak jauh berbeda karena kedua keyboard ini sama-sama versi yang TKL atau tanpa numpad. E-Blue K727 ini dilengkapi dengan dua warna yang satu warna hitam dan putih. Untuk switchnya sendiri terdapat beberapa switch yaitu red, brown dan yang paling populer blue. Jenis switch yang digunakan juga cukup bagus yaitu Kailh swich dimana sudah hampir mirip dengan cherry mx. RGB dalam keyboard ini juga dapat diatur dengan lebih dari 10 mode yang berbeda. Kalian bisa mendapatkan harga keyboard ini dengan 500rb-an karena beberapa toko gaming yang memberikan diskon yang awal harganya 700rb-an.

2. Ducky One TKL Non LED

Masih menggunakan keyboard mechanical dengan versi TKL, kali ini kami menyarankan merk yang cukup terkenal dalam bidang ini yaitu Ducky dengan keyboard Ducky One TKL Non LED. Ducky One TKL ini terdapat dua jenis warna yaitu hitam dan putih yang harganya lebih mahal. Keyboard mechanical ini sudah menggunakan switch jenis cherry mx yang merupakan jenis switch terbaik saat ini. Keyboard ini juga tersedia untuk semua jenis switch mulai dari blue, red, brown, black bahkan ada yang white switch. Keyboard minimalis tanpa RGB ini cocok bagi pengguna yang ingin tampilan simple dan minimalis, berbeda dengan keyboard-keyboard yang disarankan sebelumnya dengan fitur RGBnya. Harga dari keyboard ini bermacam-macam tergantung switch dan warna dari keyboard ini range harganya mungkin antara 800rb sampai 1juta.

1. Magic Force Smart 68 Silver Case

Yang terakhir harga sedikit mahal tapi benar-benar memuaskan. Keyboard Mechanical ini milik MagicForce yaitu Smart 68. Dilengkapi dengan LED yang 1 warna saja (terdapat dua jenis warna LED yaitu biru dan putih) keyboard ini sudah menyaningi brand terkenal yaitu Ducky. Keyboard ini juga alternatif jika tidak cocok dengan Ducky One TKL LED yang harganya berbeda 200-300 dengan keboard ini. Terlihat penampilan yang benar-benar minimalis sehingga keyboard ini tidak memakan ruang saat dibawa kemana-mana tetapi tetap masih sedap untuk dipandang. Harga yang ditawarkan cukup merogoh dompet kalian lebih dalam yaitu 1juta rupiah. Keyboard ini menggunakan Cherry MX dan tersedia untuk semua switch (blue, red, brown, white dan green). Untuk harga emang terlihat mahal tapi bagi penulis dan crew DigitalGame ini harga yang cocok untuk keyboard semewah ini. Penulis aja kalau ada duit lebih mungkin lebih milih ini xD.

Itulah beberapa referensi mechanical keyboard low-budget dari crew DigitalGame dengan range 500rb sampai 1juta. Jika kalian punya rekomendasi lain dari keyboard mechanical selain yang diatas atau kesan kalian menggunakan keyboard mechanical yang ada diatas kalian bisa share di kolom komentar ya.

 

About Author:

Founder dari Digital Game yang masih aktif menjadi mahasiswa di salah satu Universitas di Indonesia. Suka akan bermain game adalah pendorong utama terbentuknya Digital Game. Selain itu juga penulis berita untuk web Digital Game.