Carry Gak Cuma Butuh Farm, Nih Tips Menjadi Carry yang Baik dan Benar

Hal-Hal Yang Mendasar Untuk Menjadi Carry Yang Baik Dan Benar

Sebelumnya untuk mengetahui hal-hal dasar atau tips untuk menjadi carry yang baik dan benar kita perlu mengetahui apasih carry itu? Yuk simak sedikit penjelasan dari DigitalGame.
Carry adalah role yang paling digemari sejumlah player Dota 2 dimana role ini akan mendapat banyak keuntungan seperti last hit, kill, full support, dll. Bukan tanpa alasan, Carry adalah role yang akan sangat diperlukan untuk memenangkan team fight. Apabila Carry dalam tim anda sudah memasuki zona ‘kritis’, dimana carry musuh mendapatkan banyak gold dari last hit maupun kill yang melampaui carry di tim anda. Sudah bisa dipastikan bahwa tim anda akan mengalami kesulitan yang amat berat untuk mengalahkan musuh dengan fat Carry/ Carry yang sudah jadi. Meskipun begitu, Carry merupakan salah satu role yang paling sering di-gank lawan. Sehingga keberadaan Carry ini haruslah tetap aman hingga semua item yang dibutuhkan telah didapatkan.

Berikut adalah tips yang dapat kami berikan untuk menjadi Carry yang baik dan benar:

1. Last Hit

last-hit
Last Hit harus jago!!!

Last Hit adalah hal paling dasar dan paling utama dalam memainkan role Carry. Disini anda diharuskan untuk memukul creep lawan dinyawa terakhir mereka. Sehingga membuat anda mendapatkan gold dan exp lebih banyak. Last Hit ini akan sangat mempengaruhi pertumbuhan item dan level anda. Sehingga memudahkan anda dalam melakukan kill ataupun push.

2. Hindari Harras

Harras
Ga bisa farm? Masih ada Jungle

Harass adalah kegiatan musuh untuk melakukan pukulan cicilan terhadap Carry hingga membuat darah mereka sangat tipis. Dalam kasus ini anda merupakan seorang melee hero dengan lawan yang memiliki kemampuan range skill dan range hero type. Sehingga anda selalu di-hit hingga nyawa anda semakin tipis. Disaat ini lebih baik untuk meninggalkan last hit dan fokus untuk leveling. Karena apabila anda mati, maka anda akan kehilangan gold dan menghambat jalannya exp. Ada opsi lain untuk tetap farm dalam keadaan seperti ini yaitu pergilah ke hutan untuk melakukan farm. Meskipun tidak secepat di lane, namun kamu dapat mengisi kekosongan dengan melakukan sesuatu yang produktif. Jangan lupa juga meminta support meletakkan Ward defensif untuk melindungimu dari gank.

3. Kill

Kill
Murder!!! Kill!!! Destroy!!!

Ketahuilah bahwasannya kill memeiliki jumlah gold yang lebih besar dibanding dengan last hit. Sehingga apabila anda dalam kasus untuk membantu anda sebagai Carry dalam tim dalam melakukan kill terhadap hero musuh, lakukanlah!. Dikarenakan carry anda akan mendapat gold dan exp yang jauh lebih banyak dibanding dengan last hit. Dan juga membantu anda sebagai carry untuk lebih cepat jadi atau mendapatkan item yang dibutuhkan.

4. Selalu Melihat Map & Membawa TP Scroll

ALWAYS BRING TP!
ALWAYS BRING TP!

Selalu melihat minimap adalah kunci utama dalam bermain dalam segala role. Minimap sangat berguna untuk mendeteksi keberadaan hero musuh yang akan melakukan gank atau roaming ke lane kita atau ke lane lain. Sehingga kita bisa lebih cepat mengantisipasi keberadaan musuh dan menghindari matinya kita. Saat seperti ini diwajibkan anda sebagai carry untuk membawa Town Portal Scroll (TP Scroll) apabila musuh datang dan keadaan terlihat buruk, kamu dapat mengaktifkan TP Scroll untuk langsung pulang ke markas atau bahkan pindah ke lane yang lebih aman. TP Scroll juga bisa digunakan secara ofensif. Misalnya musuh terlalu overextend ketika mengejar temanmu di lane lain. Mengetahui keadaan tersebut, kamu dapat teleportasi ke sana untuk memberikan bantuan dan bahkan membunuh musuh yang mengejar tadi.

Menjadi seorang carry memang gampang-gampang susah. Di satu sisi tugasmu hanyalah mengumpulkan Gold sebanyak-banyaknya untuk membeli item kuat. Namun di sisi lain, kamu harus piawai dalam membaca situasi ketika harus terus farm atau ikut dalam suatu war/gank.
So itulah dasar-dasar yang dibutuhkan dan tips yang dapat DigitalGame sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kalian dota player pemula maupun yang ingin belajar menjadi carry. Let’s see in game 😀

About Author: